Friday, December 2, 2011

Bagaimana melindungi wajah dari jerawat?

 

ACNE ( JERAWAT )

Horizone - Acne atau jerawat merupakan kelainan kulit yang terjadi karena kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak ynag menyebabkan penyumbatan saluran folekul rambut dan pori-pori kulit. Jerawat tidak hanya timbul di wajah, tapi jarawat juga bisa timbul di area dada, punggung, dan bahu. Tidak hanya remaja, para wanita dewasapun kerap dihinggapi jerawat.
Penyebab timbulnya jerawat antara lain disebabkan oleh beberapa factor berikut ini :
  1. Faktor psikis atau stes, meskipun belum dipastikan factor psikis atau stes kerap berperan sebagai dalang lahirnya jerawat.
  2. Genetik ( keturunan ), jika keluarga entah itu ibu atau bapak anda merupakan penderita jerawat, maka anda bisa jadi bersumber dari genetika keluarga.
  3. Aktivitas hormonal yang tidak seimbang, biasanya bisa dilihat dari siklus hormonal yang terjadi pada seseorang. Perubahan siklus ini biasanya mendorong bertambahnya kelenjar minyak penyebab jerawat. Biasanya ditandai dari timbulnya jerawat kala menstruasi.
  4. Penumpukan sel kulit mati, kulit mati yang menumpuk akan menyebabkan tersumbatnya folekul dan pori-pori, penyumbatan ini akan mendorong timbulnya jerawat.
  5. Bakteri di pori-pori kulit, bakteri Propionini Bacterium Acnes ( P.A cnes ), yang berada dalam pori-pori kulit akan memicu timbulnya jerawat.
Jerawat tidak mencerminkan bahwa seseorang kurang menjaga kebersihan, jadi jangan berkecil hati bagi yang berjerawat, belum berarti anda tidak menjaga kebersihan.
Berikut beberapa tips untuk mengusir jerawat yang membandel :
Mulailah dari menjaga kebersihan kulit
Caranya mudah,
  1. cuci muka yang teratur, cukup 2-3 kali sehari memakai sabun, lakukan dengan lembut untuk menghindari iritasi.
  2. Jangan biarkan rambut menutupio daerah wajah
  3. Rambut yang kotor dapat memperburuk kondisi pori-pori yang tersumbat.
  4. Siap sedia kertas minyak di tas anda kapanpun kulit muka anda berminyak, anda tinggal mengusapnya hingga bersih.
  5. Asupan gizi seimbang juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan kulit.
  6. Hapus jerawat dengan menggunakan krim anti jerawat dengan berkonsultasi ke dokter. Selanjutnya dokter yang menentukan obat jerawat yang tepat atau cocok untuk anda. Konsultasikan problem jerawat anda ke LBC. Nanti dokter LBC akan memberikan obat atau terapi yang sesuai dengan problem jerawat anda.
Biasakanlah menjalani kebiasaan hidup sehat dengan menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, antara lain menghindari makanan goreng-gorengan, kebiasaan merokok dan begadang yang dapat membantu penyumbatan jerawat yang maksimal.

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More