Friday, August 6, 2010

LEGENDA ZODIAK KITA

Sejak 5000 tahun yang lalu, orang sudah mengamati bintang-bintang di langit. Mereka menghubungkan bintang satu sama lain dengan garis khayalan, seperti kita menghubungkan titik-titik.
Mereka pun sudah menentukan kapan waktu bertanam dan kapan waktu panen, dengan melihat susunan bintang. Mereka juga mengarungi laut dengan pertolongan rasi bintang.
Karakter dari mitologi dan legenda di suatu tempat, kemudian digunakan untuk menamai susunan bintang itu.

ZODIAK
Rasi bintang yang disebut zodiak, membentuk sabuk di sekeliling bumi. Dalam perjalanan bumi mengelilingi matahari, ada bagian di langit yang terlihat. Setiap bulan, satu dari 12 rasi bintang itu muncul di cakrawala Timur, untuk memulai gerakannya melintasi langit. Malam demi malam, rasi bintang muncul melintasi langit, sampai akhirnya menghilang di cakrawala barat.

KARAKTER ZODIAK
Kepercayaan akan zodiak lahir di Yunani dan Latin. Zodiak artinya putaran kehidupan. Menurut Romawi kuno, tahun dimulai saat musim semi. Jadi zodiak pertama yang muncul adalah Aries. Ada pun makhluk-makhluk dalam zodiak sebagai berikut :

1. Aquarius
Ganymede, seorang manusia yang sangat tampan diculik oleh dewa Zeus dan dijadikan sebagai penuang minuman di Olympus (tempat tinggal para dewa Yunani). Namun ia pada akhirnya terbunuh oleh istri Zeus, Hera. Jasad Ganymede kemudian disemayamkan di angkasa dan berubah menjadi konstelasi bintang Aquarius.

2. Pisces
Pisces adalah sepasang ikan yang terikat ekornya agar selalu bersama. Sepasang ikan itu konon adalah jelmaan Aphrodite (sang dewi cinta dan kecantikan) dan Eros (dewa cinta) yang sedang dikejar oleh monster bernama Typhoon. Agar bisa selamat melarikan diri, mereka meminta bantuan Zeus untuk merubah wujud mereka menjadi ikan dan ekor mereka diikat agar keduanya tak terpisahkan saat mengarungi sungai Euphrates. Untuk dapat selalu mengenangnya, dewi Athena menaruh kedua ikan tersebut di langit dan membentuk konstelasi bintang Pisces.

3. Aries
Saat Raja Athamas ingin mengorbankan anaknya yang bernama Phrixius kepada dewa Zeus, Heracles mengirimkan seekor domba berbulu emas untuk menyelamatkan anak malang tersebut. Domba tersebut kemudian berhasil melarikan Phrixius ke tempat yang aman dan selamat dari kematian. Namun pada akhirnya domba itu sendirilah yang dikorbankan kepada Zeus sebagai penggantinya.
Zeus yang terkesan dengan kepahlawanan domba berbulu emas itu kemudian meletakkan sang domba pemberani tersebut di angkasa dan menjadi konstelasi bintang Aries.

4. Taurus
Banteng putih ini merupakan penjelmaan dari dewa Zeus sendiri yang tertarik dengan kecantikan putri Europa. Saat sang putri sedang memetik bunga di pagi hari, banteng putih itu muncul dan berhasil menarik hatinya. Europa kemudian mencoba menunggangi banteng jinak yang "langka" tersebut, tetapi setelah itu ia malah dilarikan dan diculik sampai ke pulau Crete. Disanalah ia diperistri oleh Zeus yang menjelma menjadi mahluk lain, kali ini berbentuk elang, dan Europa melahirkan tiga anak bagi Zeus. Untuk mengenang peristiwa itu Zeus kemudian menaruh gambar banteng di langit yang membentuk rasi bintang Taurus.

5. Gemini
Menurut legenda Yunani kuno, dewa Zeus yang terpesona oleh kecantikan ratu Leda, istri dari raja Tyndareus, kemudian mendatangi sang ratu dalam wujud angsa putih. Queen Leda dari Sparta tersebut mempunyai empat anak. Dua anak dari keturunan raja Tyndareus adalah Clytaemnestra dan Castor. Sementara dari hasil hubungannya dengan dewa Zeus, lahir Pollux dan Hellen. Biarpun merupakan saudara tidak seayah, Castor dan Pollux mempunyai hubungan yang sangat dekat. Castor sendiri adalah manusia biasa yang tidak memiliki keabadian seperti halnya Pollux (karena Pollux adalah keturunan dari dewa Zeus).
Saat Castor tewas dalam pertempuran, Pollux sangat berduka dan memohon kepada dewa Zeus, ayahnya, agar mencabut keabadian yang dimilikinya sehingga ia bisa menyusul Castor. Zeus yang terharu melihat cinta Pollux yang begitu dalam terhadap saudaranya kemudian mengangkat mereka berdua ke angkasa dan membentuk konstelasi bintang Gemini.

6. Cancer

Saat Hercules bertempur melawan Hydra (monster yang berkepala banyak), Hera mengirimkan seeokor kepiting raksasa untuk membantu Hydra. Kepiting tersebut mencapit kaki Hercules, namun dengan kesal Hercules menginjaknya hingga hancur dan mati.
Walaupun gagal memenuhi misinya tetapi Hera tetap menghargainya dengan mengangkatnya ke langit dan menjadi konstelasi bintang Cancer.

7. Leo

Berasal dari seekor singa yang dikalahkan oleh Hercules di dalam legenda Yunani kuno. Singa bernama Nemean itu telah meneror penduduk Nemea selama bertahun-tahun sebelum dibunuh oleh Hercules. Hercules yang perkasa itu kemudian mengambil kulit dan cakar Nemean untuk dijadikan pakaian dan senjatanya.

8. Virgo

Virgo dipercaya merupakan jelmaan dewi Astrea, dewi kesuburan, puteri dari dewa Zeus dan dewi Justitia (dewi keadilan). Pada dahulu kala manusia dan para dewa-dewi adalah hidup berdampingan di bumi, namun pada saat manusia mulai jatuh ke dalam dosa para dewa dan dewi tersebut pun pergi meninggalkan bumi kembali ke tempat mereka di langit.
Dewi Astrea pun meninggalkan bumi tetapi ia kemudian memilih untuk menetap di langit bersama bintang-bintang dan menjadi rasi bintang Virgo. Kata virgo sendiri adalah berarti Sang Perawan, karena Astrea bersumpah untuk tetap perawan seperti kala ibunya belum dinikahi oleh Zeus.

9. Libra
Libra disebut-sebut merupakan penjelmaan dari timbangan yang dibawa oleh dewi keadilan Yunani, Justitia. Dan kata Libra sendiri memang juga dipakai oleh bangsa Romawi kuno sebagai satuan ukuran berat.

10. Scorpio

Orion, seorang pemburu perkasa berbangsa Boeotia menjalin cinta dengan dewi Aurora (dewi fajar). Orion yang juga tampan itu berjanji kepada Aurora untuk membasmi semua binatang buas yang ada di muka bumi. Namun hal ini tidak disukai oleh Artemis (dewi perburuan) dan Hera (istri dewa Zeus) mengirimkan seekor kalajengking raksasa yang dipanggil dari dunia lain untuk membunuh Orion.
Scorpius atau scorpio tersebut berhasil menyengat Orion dan racunnya ternyata sangat mematikan, bahkan Asclepius (dewa pengobatan) pun tak sanggup untuk mengobatinya sehingga Orion pun mati. Namun para dewa meminta Zeus untuk menempatkan Orion di antara bintang untuk mengenang keperkasaannya. Sedangkan bagi sang kalajengking yang mengagumkan, ia juga ditempatkan di langit dan menjadi konstelasi bintang Scorpio.

11. Sagitarius (Sagittarius)
Sagitarius atau Sagittarius diambil dari Centaur (mahluk dalam mitologi Yunani yang berbentuk setengah manusia dan setengah kuda) bernama Chiron. Chiron tidaklah seperti centaur-centaur lain yang biasanya liar dan buas sehingga menjadi musuh manusia. Chiron sangatlah berkebalikan dari bangsanya, ia centaur yang bijaksana, baik hati dan memiliki kepandaian luar biasa sehingga ia sering dijadikan guru oleh dewa dan manusia. Hercules sendiri adalah salah satu dari muridnya.
Saat Hercules sedang bersama-sama dengan Chiron di guanya, terjadilah pertengkaran antara Hercules dengan centaur-centaur yang lain. Walaupun tidaklah terlibat dalam pertempuran tersebut, tetapi Chiron tanpa sengaja terkena oleh panah beracun Hercules yang menembus tubuhnya. Panah yang telah diolesi oleh darah Hydra tersebut menimbulkan luka yang tak tersembuhkan, namun celakanya karena Chiron adalah anak dari Kronos (keturunan titan yang immortal), ia tak dapat mati.
Sedihnya, Chiron yang banyak memiliki kepandaian termasuk keahlian pengobatan yang tinggi tetapi tidak dapat mengobati lukanya sendiri karena saking beracunnya darah dari Hydra. Oleh karena itu ia memohon kepada dewa Zeus agar mencabut keabadian (immortal) yang dimilikinya sehingga penderitaannya bisa berakhir. Zeus pada akhirnya malah menghormatinya dengan menempatkannya di langit menjadi konstelasi bintang Centaurus / Sagittarius.

12. Capricorn
Capricorn diambil dari kambing betina bernama Amalthea yang menyusui Zeus saat ia masih bayi. Zeus disembunyikan ibunya di sebuah gua karena bapaknya, Cronos, selalu menelan semua anaknya agar terhindar dari kutukan yang menimpa dirinya.
Amalthea yang setiap hari memberikan air susunya kepada Zeus, kelak dihormati dengan ditempatkan di langit menjadi konstelasi bintang Capricorn setelah Zeus berhasil menjadi dewa tertinggi di Olympus.

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More